bab IV artikel tentang prestasi generasi muda indonesia disegala bidang

Posted: Oktober 16, 2012 in Uncategorized

Gema Prestasi Pemuda Indonesia

“…..beri aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncang dunia….”

Kalimat diatas adalah sepenggal kalimat dari pidato Bung Karno, proklamator dan Presiden pertama kita. Secara langsung Bung Karno menyatakan harapannya terhadap pemuda Indonesia, untuk dapat berprestasi dan mengguncang dunia. Pemuda adalah harapan bangsa, dipundaknya nasib bangsa dan Negara Indonesia tercinta ini disandarkan.

Apa sih arti pemuda? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemuda bisa diartikan sebagai orang yang masih muda; orang muda. Princeton mendefinisikan kata pemuda (youth) dalam kamus Webstersnya sebagai “the time of life between childhood and maturity; early maturity; the state of being young or immature or inexperienced; the freshness and vitality characteristic of a young person”

Jadi pemuda identik dengan sebagai sosok individu yang berusia produktif dan mempunyai karakter khas yang spesifik yaitu optimis, berpikiran maju, dan vitalitas/semangat tinggi. Sedangkan kelemahan dari seorang pemuda adalah belum dewasa (pertimbangan kurang), cepat emosional, dan belum berpengalaman, ada pun kelebihan pemuda yang paling menonjol adalah mau menghadapi perubahan, baik berupa perubahan sosial maupun kultural dengan menjadi pelopor perubahan itu sendiri.

Bila kita melihat ke masa lalu, banyak sekali pemimpin-pemimpin muda yang membuat gebrakan yang membawa perubahan untuk negaranya, tidak perlu kita jauh-jauh melihat John .F. Kennedy atau Barack Obama di Amerika sana yang memimpin dalam usia yang relative muda. Bukankah negara tercinta kita ini bisa merdeka juga dikarenakan gerakan para pemuda? Kita tidak akan pernah lupa dengan Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo, dr. Wahidin Sudirohusodo, dr. Suciptoserta pahlawan-pahlawan lain. Mereka berjuang untuk Indonesia ketika usia mereka masih muda, dengan ide-ide yang cemerlang dan keinginan untuk membawa perubahan yang lebih baik untuk negara ini. Sedemikian besar potensi kaum muda.

Lalu bagaimana dengan kondisi pemuda Indonesia saat ini? Saya mencari di internet tentang pemuda berprestasi di Indonesia, dan ini ada beberapa nama:
1. Dian Pelangi yang rancangan busananya menembus Paris Fashion Week
2. Rio Haryanto yang tengah mencicipi sengitnya persaingan di GP 2, tinggal selangkah lagi untuk menembus balap mobil paling seru sejagad F1
3. Dalam penyelenggaraan Olimpiade Fisika Internasional terakhir di Chulalongkom University, Bangkok, Thailand, pada bulan Juli 2011. Indonesia berhasil mempertahankan tradisi medali emas melalui Erwin Wibowo dari SMAK BPK Penabur Gading Serpong. Sementara Kevin Ardian Fauzie dari SMA Santa Maria Pekanbaru meraih medali perak dan tiga lainnya meraih perunggu.
4. Chris John memperoleh kemenangan angka mutlak dalam duel 12 ronde untuk mempertahankan gelar sabuk juara kelas bulu versi WBA untuk keenam belas kalinya
5. Juara tinju dunia Kelas bulu IBO, Daud Yordan
v 6. Yusuf Saleh mendapat KNPI Award 2012 karena sudah banyak menorehkan prestasi yang membanggakan. Yusuf pernah meraih rangking I di Lemhanas Pemuda 2006,
Kemudian terjaring dalam American Council of Young Political Leader 2010.
7. Pada 2010 silam, Yojo M. Kasim menjadi Juara III Asia pada Kejuaran Karatedo tingkat remaja di China. Apalagi usia Yojo baru 16 tahun.
8. Pada kompetisi bergengsi di tingkat Asean, 3rd Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011 di Bangkok, Thailand, ini delegasi Indonesia berhasil memperoleh juara 1, mengungguli tim lain dari berbagai negara di Asean. Acara 3rd Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011 merupakan lomba cepat tepat pangan mahasiswa S1 di tingkat Asean yang diadakan sejak 2007 oleh Asean Committee on Science and Technology (ASEAN COST) dan Federation of Institutes of Food Science and Technology in Asean (FIFTSA). Pada ajang tersebut tim Indonesia diwakili oleh Jovian Bunawan, Adeline Kartika Putri, Steffi Agustine, dan Meiliana Lukman dari Universitas Pelita Harapan (UPH).
9. Empat mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY menyabet juara dalam dua kategori pada ajang IV Concercorso Musicale Europeo di Philadelphia, Italia. Keempat mahasiswa tersebut adalah Ganter Hanggayuh Puji P, Grahita Tiar Praseti, Danar Gayuh Utama, dan Birul Walidaini. Mereka berhasil meraih peringkat dua Kwartet Guitar dan peringkat dua Solo Tunggal atas nama Birul Walidaini.
10. Christopher Rungkat meraih gelar juara pada nomor tunggal turnamen tenis Future 3 Thailand di Vibhavadi Rangsit Road, Laksi, Bangkok, Thailand,
11. Karya inovasi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10, Kota Malang, Jawa Timur, tentang Photo Electro System yakni mengubah urine menjadi energi listrik menyabet medali emas pada lomba teknologi International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) di Georgia. Siswa kelas XI yang mengharumkan nama bangsa sekaligus mendapatkan prestasi internasional itu Nurul Inayah dan Nando Novia. Mereka mewakili kategori teknologi. Kategori fisika diwakili siswa SMA Aceh yang membuat alat pendeteksi kemurnian minyak goreng. Karya inovasi itu menyabet medali perak. Sedangkan siswa SMA Tangerang mewakili kategori kimia meneliti air bermagnet untuk meningkatkan pertumbuhan kecambah, meraih medali perunggu.

(Sumber diambil dari http://www.indonesiaberprestasi.web.id/ dan beberapa sumber random lain.)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s