Tugas Bahasa Indonesia 2# penilisan ilmiah

Posted: April 26, 2015 in Uncategorized

     Penulisan ilmiah

Sistem Keamanan Rumah dengan lcd

 BAB I

PENDAHULUAN

 

  • Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi instrumentasi elektronika sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat, memasyarakat dan bukan sesuatu hal yang asing lagi. Manusia membutuhkan bantuan dari sesuatu yang dapat bekerja cepat, teliti,  dan tidak mengenal lelah. Sistem otomatisasi dapat menggantikan manusia untuk mengerjakan sesuatu dalam lingkungan berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan atau daerah yang harus diamati dengan pengamatan lebih dari kemampuan panca indera manusia. Kemajuan teknologi dalam bidang elektronika akan mampu mengatasi masalah-masalah yang rumit sekalipun, dengan ketelitian dan kecepatan serta ketepatan yang sangat tinggi.

Namun, seiring kemajuan teknologi ini berbanding lurus dengan tingginya pengangguran yang berarti tingkat kejahatan semakin meningkat, khususnya tingkat pencurian dan perampokan yang dilakukan di perumahan dan di perkantoran. Adapun tingkat kesibukan masyarakatakan pekerjaan menyebabkan kurangnya perhatian terhadap keamanan rumah ataupun perkantoran dari bahaya tindak kriminal pencurian.

Perampokan dan pencurian terjadi di rumah-rumah atau gedung-gedung perkantoran perkantoran kerap kali terjadi saat pemilik lengah atau tidak berada di ruangan mereka sehingga ada perasaan khawatir akan meninggalkna ruangan baikdalam waktu lama ataupun dalam waktu yang relatif sebentar. Alternatif yang biasa digunakan adalah menyewa sekuritiuntuk menjaga keamanan namun tindakan ini kurang efisisen karena kemampuan sekuriti sangat terbatas.

Maka dari itu penulis membuat sebuah alat keamanan rumah dengan LCD berbasis ATMega8535 agar dapat membantu mengamankan rumah.

  • Batasan Masalah

Melihat luasnya ruang lingkup dalam bidang Mikrokontroler, karena itu penulis membatasi masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai berikut :

  • Pembuatan alat keamanan rumah dengan LCD berbasis ATMega8535 yang bertujuan untuk mempermudah dalam pemahaman dan pengertian tentang masalah – masalah pada keamanan rumah berbasis ATMega8535.
  • Menjelaskan tentang masalah keamanan rumah dengan LCD berbasis ATMega8535 secara garis besarnya, yang terbagi menjadi 5 bab yang setiap bab membahas tentang keamanan rumah dengan LCD berbasis ATMega8535 yang terdiri dari Pendahuluan, Landasan Teori, Analisa Rangkaian, Cara Pengoperasian Alat, Kesimpulan dan Penutup. Yang masing-masing bab akan menguraikan tentang masalah-masalah pada keamanan rumah dengan LCD berbasis ATMega8535 ini, dengan harapan agar dapat mudah dimengerti dan dipahami sebagai acuan penulis dalam pembuatan makalah ini, agar tidak terlalu menyimpang dari pokok masalah yang dibahas.
  • Tujuan Penulisan

Adapun maksud dan tujuan kami dalam penulisan makalah proyek Sistem Tertanam adalah :

  1. Memberikan penjelasan dan cara kerja secara garis besar dari proyek Sistem Tertanam yang telah dibuat “keamanan rumah dengan LCD berbasis ATMega8535 “
  2. Memberikan pengenalan dasar tentang mikrokontroler, serta komponen-komponen dalam perangkat Mikrokontroler.
  3. Sebagai syarat kelulusan Praktikum Ssitem Tertanam.
  4. Menambah wawasan penulis mengenai perkembangan di dalam bidang Mikrokontroler.
  5. Melatih penulis dalam karya tulis yang dapat melatih dalam penulisan PI dan Skripsi.
  • Metode Penulisan

Metode yang digunakan penulis dalam makalah ini menggunakan metode internet dan buku referensi dengan cara mencari referensi di internet dan perpustakaan mengenai keamanan rumah dengan LCD berbasis ATMega8535 dan melihat dari hasil praktikum Sistem Tertanam  yang penulis pernah lakukan langsung dalam membuat rangkaian yang berhubungan dengan keamanan rumah dengan LCD berbasis ATMega8535 ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s